Makna Menjadi Guru Favorit


Krik..Krik.. dahi ku mengerut ! ada apa ya?? Ternyata, eh ternyata, ada sebuah kabar gembira yang membikin jantung, rona wajahku memudar kegirangan disertai dengan senyuman yang melebar. Alhamdulillah.. ternyata berita yang selama ini ku dengar, atau sebuah semacam desas-desus mengenai sebagai “guru favorit” ?? Wowww, amazing !
Tidak menyangka, dan cukup shock. Karena, dalam hal ini penulis pikir apa yang penulis sampaikan berupa gaya mengajar atau metode pembelajaran dalam menyampaikan sebuah materi, aku mengira takkan berhasil. Disebabkan, penulis yang cukup memiliki badan besar, sedikit disiplin dalam mendidik murid dan selalu murah senyum serta fleksibel dalam berteman baik kepada murid maupun kepada guru tentor tentap atau staf-staf lainnya.
Mendengar desas-desus tersebut, meskipun masih dirahasiakan, namun penulis cukup tahu desas-desas tersebut pertama kali dari Mba Yana, salah satu tentor tetap atau menaungi jabatan bagian akademik di bimbel Quantum Student PUP, Bekasi. Beliau saat itu mengatakan kepada penulis, ketika Mba Nina mengajar English Course (EC) untuk kelas 6 SD. Beliau juga merupakan tentor tetap dan menjabat sebagai manajer pusat, menanyakan sebuah pertanyaan kepada muridnya waktu itu who is favourite teacherkemudian ada salah satu murid yang memberikan pendapat atau komentar tersebut yaitu Natanael. Natanael berujar yaitu Pak Handar’ Ujar Mba Yana.
Natanael ialah murid kelas 6 SD E yang les di bimbel Quantum Student. Dan dia juga merupakan asuhan murid yang penulis didik selama mengajar di Quantum Student. Namun, setelah mendengar desas-desas tersebut, penulis juga tidak mau terlalut dalam kesenangan sesaat (comfort zone). Tujuan penulis masih panjang untuk menjadi seorang guru professional dan mengajar di bimbel ini sebagai langkah awal proses pengalaman dan membentuk mental pula kelak ketika akan mau PPL maupun mengajar sesungguhnya di sekolah.
Masa-masa hari penulis jalani dengan semangat untuk mengajar di Quantum Student. Secara deskripsi Quantum Student memiliki 2 cabang yaitu di THB (Taman Harapan Baru) dan Boulevard yang masih berlokasi di Bekasi. Pusatnya yaitu di PUP (Pondok Ungu Permai), Bekasi. Namun, penulis hanya mengajar di dua tempat, yaitu Quantum Student PUP dan Quantum THB. Aktivitas atau profesi ini sangat giat penulis geluti, karena jiwa menjadi guru merupakan sebuah profesi yang sudah menjadi “kekasih” dalam pribadi penulis. Kelas yang selama ini menjadi tanggung jawab penulis, yaitu, kelas 6 terdiri dari dua kelas yakni kelas 6E dan 6F, kelas 9 terdiri dari kelas 9A dan 9D, dan kelas 12 SMA jurusan IPS. Materi pelajaran yang penulis ajarkan meliputi, Geografi, Sosiologi, Sejarah, IPS atau IPS Terpadu (SMP).
Begitu sangat bahagia meskipun penulis saat ini masih berprofesi sebagai tentor honor hal tersebut tidak menjadi masalah, karena menjadi tentor honor pun penulis mendapatkan salary yang cukup lumayan. Yaa.. berkisar Rp 500.000/bulan itu untuk mengajar di bimbel Quantum Student.
Namun, selain di bimbel Quantum Student, penulis juga mengajar di bimbel yang lain, yaitu Primagama dan SP2K. Penulis dalam hal ini kenapa mengajar hingga di tiga tempat bimbel, dikarenakan penulis saat ini ingin meringankan beban orangtua. Selain itu, penulis juga sedang mengumpulkan dana untuk KKL nanti yang jatuh kira-kira bulan Mei atau Juni.
Saat menulis tulisan ini, penulis sudah selesai semester lima, dan sebentar lagi atau sekitar bulan pertengahan Februari, penulis akan memasuki semester enam. Sekarang penulis, sedang liburan kuliah. Sisa-sisa liburan inilah penulis menghabiskan separuh waktunya untuk mengajar di bimbel. Tidak hanya mengajar, tetapi menulis dan membaca terus giat penulis lakukan untuk memanfaatkan waktu yang ada.
Kembali ke masalah desas-desus mengenai penulis mendapat predikat guru favorit. Hal ini semakin kuat desas-desas tersebut. Dikarenakan hari ini, 16 Januari 2012, penulis ada jam mengajar di bimbel Quantum Student, dan setelah penulis selesai mengajar kelas 6 SD G lalu membeli batagor yang sering menjajakan dagangannya di depan bimbel Quantum Student dari pukul 16.00-17.30 wib.
Canda dan bisik-bisik membicarakan penulis mendapat predikat sebagai ‘guru favorit’, namun penulis tidak mengubrisnya hanya sekedar senyuman yang penulis lontarkan. Menurut penulis, predikat sebagai ‘guru favorit’ merupakan rasa syukur penulis selama ini telah berjuang keras untuk menarik simpati murid yang dididik untuk menjadi murid yang tidak hanya terbentuk secara IQ saja, namun juga diimbangi dengan EQ dan SQ. Sebagaimana sesuai dengan logo dari bimbel Quantum Student yaitu  pokoknya apa yang penulis baca buku yang berkaitan mengenai pendidikan. Akan penulis implementasikan atau adopsi dalam pembelajaran yang penulis ajarkan.

0 Comments: