Refleksi #2

Saya bersyukur bisa hadir dan diterima sebagai keluarga besar Jingga. Suatu karunia yang Allah berikan kepada saya, dan memperoleh petunjuk dari-Nya menetapkan pilihan secara bulat dan berkeyakinan dengan sepenuh hati bahwa pilihan ini InsyaAllah merupakan suatu yang terbaik.

Banyak aspek yang saya amati selama ini, khususnya terkait visi dan misi dari Jingga. Subhanallah, baru beberapa bulan saja, saya sudah memperoleh insight yang berarti baik di mulai dari tahap observasi maupun magang. Membangun suatu peradaban yang hakiki sesuai dengan fitrahnya melalui sistem pendidikan yang terpadu dan terintegrasi.

Model BBA – Belajar Bersama Alam, mengutip pernyataan Pak Suhendi, dkk di dalam bukunya “Sebuah buku putih konsep SekolahAlam: Aplikatif untuk semua sekolah”, dijelaskan bahwa filosofi Belajar Bersama Alam adalah kenali diri kita sendiri, nanti kau akan kenali Tuhanmu. Kenali diri sendiri, untuk kemudian bisa berbagi manfaat kepada yang lain. Setiap anak adalah juara, maka setiap daerah pun adalah juara. Bukan independen lagi, tetapi INTERDEPENDENSI. Saling tahu, saling hormat, saling membutuhkan, saling kerjasama.


Oleh karena itu, saya harus memantaskan dan berkiprah diri dengan baik, segala sesuatunya harus dilalui dengan proses. Dan saya sangat menikmati setiap proses yang saya jalani, khususnya turut serta dan memberikan andil di Jingga. Man Jadda Wa Jadda. J

0 Comments: