5 Kunci Kesuksesan Indrawan Nugroho Menjadi Rise Above The Crowd. Wajib Kamu Tiru Inspiratif Darinya Ya!

Setiap orang memiliki impian yang berbeda dan unik. Bagaimana kamu bisa mewujudkannya tergantung kepada mindset dan tindakan yang kamu lakukan. Menurut Gautama Buddha ‘Kita adalah apa yang kita pikirkan, segala sesuatu tentang kita muncul bersama pikiran kita, melalui pikiran kita menciptakan dunia’. Melakukan hal sederhana, kecil dan fokus akan lebih berarti daripada dimulai dari hal yang besar, banyak target, dan tidak fokus untuk menjalankannya. Tentu kamu bisa menebak apa yang terjadi? Ya, kesibukan kamu pasti tidak berbuah produktif. Artinya hanya menghabiskan waktu yang tidak berfaedah.

Ada suatu cerita yang saya kutip dari buku Rise Above The Crowd karya Indrawan Nugroho. Semoga cerita ini menjadi ibrah / pembelajaran kita bersama.


“Siang itu Anda menghadiri reuni SMA. Disitu Anda bertemu teman-teman ‘se-geng’ waktu di SMA. Bersama mereka Anda bernostalgia dan bercanda, mentertawakan banyak kejadian lucu dan konyol semasa SMA. Anda gembira berada kembali di tengah kehangatan teman-teman lama. Sejurus kemudian Anda menyadari, betapa hidup mereka sudah sangat berbeda. Diantara mereka sudah ada yang menjadi pengusaha dengan bisnisnya yang mendunia. Ada yang sudah menjadi vice president bank internasional dan pejabat dengan pangkat yang tinggi. Juga ada yang sudah menjadi pembicara publik dan wajahnya sudah akrab muncul di layar televisi. Padahal sewaktu di SMA, mereka ‘bukan siapa-siapa’. Mereka hanya anak-anak biasa layaknya kebanyakan pelajar lainnya. Sedangkan Anda, dalam beberapa hal justru lebih hebat. Lebih berprestasi secara akademis dan lebih populer karena Anda aktif berorganisasi. Sesungguhnya saat ini Anda pun bukan ‘produk gagal’. Banyak orang menilai Anda sukses. Tetapi dibanding mereka saat ini, Anda jauh tertinggal. Hidup mereka sudah melesat naik, sedangkan Anda merasa masih ‘segitu-gitu’ saja. Belum ada sesuatu yang dapat dibanggakan. Anda masih menjadi bagian dari orang kebanyakan”.

photo credit: dokumen pribadi
Apakah sahabat pernah mengalami pola atau gejala yang sama sebagaimana cerita diatas? Apa tujuan hidupmu? Apa misi hidupmu?

Tuhan juga sudah menciptakan setiap manusia punya keunikan masing-masing. Keunikan tersebut membuat seseorang menjadi istimewa dan berbeda dari orang lain. Dalam kehidupan bermasyarakat pun kita harus menempatkan pribadi ketika dalam bersosialisasi sebagai bagian dari masyarakat sehingga kita bisa saling kenal, sayang, dan bantu membantu. Tuhan sudah melimpahkan berbagai sumberdaya di dalam diri kita maupun lingkungan kita. Sumberdaya itulah yang harus kita kelola secara optimal. Dunia ini tetap berputar dan hidup! Yang perlu diingat, sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain. if you don’t want to go down, the only logical choices is to go up.

Nah, kali ini, saya akan membocorkan 5 langkah terpenting di balik semua kesuksesan mas Indrawan. 5 langkah kunci yang membuat Indrawan Nugroho sukses sebagai Konsultan Inovasi Bisnis, CEO CIPTA Consulting dan Founder Kubik Group, sebuah kelompok usaha bidang pengembangan SDM yang terkemuka di Indonesia yang bisa kamu contoh untuk Rise Above the crowd. Check this out!

1. Define Your Purpose – Definisikan Tujuan Anda
photo credit: zackhandjody

Menurut Cynthia Montgomery dari Harvard Business School, menemukan purpose merupakan hal penting dalam menyusun strategi. Selain menunjukkan tujuan yang ingin dicapai, sebuah purpose juga dapat menggambarkan apa yang akan Anda perjuangkan. Sekaligus menjelaskan bagaimana Anda atau perusahaan Anda memberikan dampak. (Hal. 117)

Tanpa purpose, maka strategi Anda tidak punya arah yang jelas. Anda maupun karyawan Anda tidak punya alasan kuat untuk berjuang memberikan yang terbaik setiap hari. Energi Anda lemah. Anda tidak akan kuat mendaki puncak prestasi, karena langkah Anda akan dihentikan oleh jutaan alasan dan pembenaran. Kalau sudah begitu, selamat tinggal Rise above the crowd. (Hal. 120)

Di langkah pertama ini, terdapat 3 pertanyaan dari mas Indrawan yang perlu kamu renungkan dan temukan jawaban kamu sendiri. Tiga pertanyaan yang dimaksud diantaranya; a) Apa yang menjadi alasan Anda untuk Rise above the crowd?, b) Apa yang Anda perjuangkan?, c) Apa yang Anda ingin wujudkan dengan Rise above the crowd?

Ketika Anda menemukan purpose, pastikan bahwa sesuatu yang Anda perjuangkan bukan untuk kepentingan diri sendiri, melainkan untuk kepentingan orang lain. Hasil riset menunjukkan, mereka yang meyakini bahwa pekerjaannya bisa memberikan manfaat bagi orang lain, tidak mudah lelah maupun kecewa, dibandingkan mereka yang bekerja hanya kepentingan dirinya sendiri.

Nah, apakah sahabat sudah menemukan jawabannya?


2. Rewrite The Rules – Tulis Ulang Aturan Main
photo credit: inc-asean

Purpose Anda akan memberikan arah sekaligus kekuatan, supaya Anda bisa Rise above the crowd. Supaya purpose yang sudah ditemukan jawabannya, langkah selanjutnya ialah tulis ulang aturan main.

Di dalam setiap perusahaan, profesi, atau industri, biasanya terdapat semacam aturan main atau norma yang diterima begitu saja oleh pasar dan para pemainnya. Untuk Rise dari posisi Anda sekarang, maka Anda perlu menulis ulang aturan main di profesi atau industri Anda. Ciptakan permainan baru yang aturannya bisa menguntunngkan Anda. Dengan permainan itu buatlah para pemain besar tidak berkutik karena tidak terbiasa bermain dengan aturan baru tersebut.

3. Create Your Masterpiece – Ciptakan Mahakarya Anda

Oxford Dictionary mendefinisikan masterpiece sebagai ‘a work of outstanding artistry, skill, or workmanship’, sebuah hasil kerja yang diperoleh melalui tingkat artistik dan kemahiran yang sangat tinggi. Dalam bahasa Indonesia, masterpiece diterjemahkan sebagai mahakarya. Terdiri dari dua kata yaitu maha yang artinya ‘sangat’, ‘amat’, ‘teramat’ dan karya yang artinya ‘hasil perbuatan’, ‘buatan’, atau ‘ciptaan’. (Hal. 157)

Masih ingat sahabat di langkah sebelumnya yakni rewrite the rules? Perlu diingat, tanpa masterpiece sebagai senjata ampuh, maka langkah kedua akan menjadi sia-sia dan Anda tetap kalah.

4. Be Bold and Beautiful – Jadilah Berani dan Indah
photo credit: katabijaklogs
Di tahap ini, ketika Anda menciptakan masterpiece yang tepat. Buatlah Product-Market Fit yang kuat. Bukan produk lengkap yang sempurna sesuai visi awal Anda. Produk awal masterpiece Anda harus sudah cukup memenuhi kebutuhan pelanggan. Barulah dikemudian hari dikembangkan dengan menambahkan fitur-fitur baru. (Hal. 200)

Jadilah berani dan indah, ketika masterpiece menjadi sesuatu value dan sangat dirasakan oleh kebutuhan pasar. Anda harus membuat suatu ledakan dari masterpiece Anda sehingga menarik perhatian pasar. Pada saat Anda menciptakan ledakan, maupun ketika mengedukasi pasar, pastikan masterpiece Anda tersaji secara indah sehingga pengalaman mengesankan yang tidak terlupakan.

5. Secure Your Future – Amankan Masa Depanmu
photo credit: goorangefinancial

Rising above the crowd memang sebuah proses yang dinamis dan berkesinambungan. Ketika Anda berhasil mendahului para pemain lain, bukan berarti pertandingan sudah berakhir dan Anda menjadi pemenangnya. Permainan ini tidak ada garis finishnya. Selama pasarnya masih ada maka semua pemain akan terus berlari, saling kejar-mengejar menyusuri jalan yang tidak berujung. (Hal. 219)

Maka, dibutuhkan kunci inti dari sebuah proses yang begitu panjang selama melewati atau berjuang mewujudkan keempat langkah sebelumnya untuk rise above the crowd. Amankan masa depanmu menjadi poin vital mengeluarkan potensi yang dimiliki sehingga tetap rise. Terdapat tiga lapisan yang perlu sahabat ketahui. Ketiga lapisan yang dimaksud diantaranya; a) Personal Security terdiri dari sandarkan pada Tuhan, hadirkan pasangan Anda dan perkuat diri Anda, b) Environtmental Security terdiri dari bangun tim impian, pelihara sahabat Anda, dan tabung energi positif, c) Market Security terdiri dari kembangkan dan pertahankan bisnis utama, bangun bisnis-bisnis baru dan ciptakan pilihan-pilihan yang layak.

So, kini sudah berada di langkah ke nomor berapa sahabat? Dan, sudah siapkah sahabat Rise above the crowd? Semoga bermanfaat ya.



0 Comments: