#2 WAWANCARA SEKOLAH PEMIKIRAN PENDIRI BANGSA III


#2  WAWANCARA SEKOLAH PEMIKIRAN PENDIRI BANGSA III
Oleh:
Muhamad Handar

Setelah dari kisah sebelumnya mengenai info pengumuman saya sebagai peserta terpilih Sekolah Pemikiran Pendiri Bangsa III. Sekarang memasuki tahap kedua yaitu, wawancara. Setelah ditelepon oleh pihak panitia pasca pengumuman, saya pun mendapat gilirannya. Lalu, saya pun mengiyakan untuk bertemu dalam tahap kedua tersebut pada tanggal 29 April 2013 jam13.00 WIB di Megawati Institute.

Tiba saatnya waktu yang telah dinantikan. Hal senada pun juga telah dikatakan oleh rekan saya, teman satu perjuangan sewaktu mengikuti event kepemudaan bernama "Youth Educators Regional Training 2012" yang diselenggarakan oleh Youth ESN pada 22-23 Desember 2012 yang lalu di SMPN 3 Tangerang Selatan bahwa dia juga akan diwawancarai hari yang sama denga saya pula. Suatu kebanggan sama sekali bisa bertemu kembali alias reunian. Hehehe

Awalnya tadi kita mau bertemu bersama di UNJ. Mengingat rekan saya masih simpang siur mengenai lokasi Megawati Insititute, dan dia dari Untirta, Banten. Saya pun tahu lokasi tersebut yang beralamat di sekitar jalan proklamasi, Jakarta Pusat bersebelahan dengan Majelis Ulama Indonesia ketika saya mengetahui adanya info mengenai Sekolah Pemikiran Pendiri Bangsa III yang diselenggarakan oleh Megawati Institute yang beralamat di jalan Proklamasi. 
Saya pun baru ngeuh jadinya, dan ketika saya ingin ke Freedom Institute (kebiasaan setiap hari berkunjung ketika ada waktu kosong) saya menyempatkan bertanya kepada orang sekitar pas saya sedang makan siang di seputar Jalan Proklamasi, tepatnya di deket tugu lapangan Proklamasi, Jakarta Pusat pada pukul 12.00 WIB. "Ohhh. Itu toh gedungnya", ujar dalam hati saya. Nama gedung Megawati Institute merupakan bagian dari gedung Enerindo Group.

Langsung pada tahap wawancara tiba. Sebelumnya saya datang ke Enerindo Group pada pukul 12.50 WIB, saya menyempatkan waktu untuk shalat Dzuhur disana yang tempat Masjidnya berlokasi di belakang gedung. Trus, saya menuju ke lantai 2 Gedung Enerindo Group, yang merupakan sekretariat dari Megawati Institute. Saya adalah orang kelima yang hadir di hari pertama, pada tanggal 29 April 2013. Terdapat 2 gelombang dalam sesi wawancara, mengingat pula jumlah peserta terpilih dari SPPB III berkisar 43 orang dan beragam profesi, akan tetapi mayoritas mahasiswa.

Saya berkenalan dan mempunyai rekan baru, saat itu ada Eko dari UIN Jakarta, Adi dari Untirta, Yohanes dari STF Driyarkara dan beberapa orang lainnya yang tidak saya sempat untuk mengingat namanya. Karena waktu yang juga terbatas, dan nuansa hingar bingat dalam canda tawa, share dan sebagainya. Tiba giliran masing-masing peserta untuk diwawancarai, saya mendapat urutan kelima berdasarkan absen. 
Akhirnya, saya pun dipanggil dalam suatu ruangan berukuran cukup lumayan luas, terdapat tiga panitia yang memawancarai peserta. Saya diwawancarai saat itu oleh Pak Muhammad Islam. Dari seputar pertanyaan yang diajukan mengenai keaktifan dan pengalaman selama berorganisasi di kampus, baik intra organisasi maupun ekstra organisasi. Selain itu, mengenai komitmen sebagai peserta SPPB III kelak jika terpilih di tahap kedua ini. Amin semoga saya bisa terpilih. Hehehehe

Dengan pertanyaan yang diajukan saya pun bersifat tenang dan legowo saja. Alhasil, proses wawancara tersebut selesai tinggal menunggu keputusannya selanjutnya melalui via telepon dan website. Karena kelak jika terpilih, kegiatan SPPB III diadakan setiap hari Selasa jam 13.30 WIB. Hmmm, akhirnya saya pun juga harus berpisah dengan rekan saya dari Banten, Adi. Dan semoga kita bisa terpilih dalam proses wawancara ini dan bertemu dalam forum yang sama. Sebagai wujud akan pemuda bangsa yang melahirkan suatu peradaban bangsa. Amin 

***

0 Comments: