SEKOLAH PEMIKIRAN PENDIRI BANGSA III


SEKOLAH PEMIKIRAN PENDIRI BANGSA III
Oleh:
Muhamad Handar
Bekasi, 24 April 2013 sudah tiba saatnya pengumuman yang dinantikan. Tak sabar untuk segera menyalakan netbook beserta perangkat modem melihat hasilnya. Namun, pengumuman yang dinantikan belum di publish. Terasa sedikit kecewa dan nervous, kenapa? Sebenarnya sih tidak apa-apa. Memang hal yang lumrah terjadi pada saya aja, maybe juga terjadi pada yang lainnya bernasib hal yang sama. Tapi yang jelas hal tersebut tetap saya pantau baik website, fanpage, twitter dan sebagainya. Sebenarnya apa sih pengumuman itu yah? Pasti yang lain kepo yah? Hayyoooo ngaku... :D

Hmmm, sebenarnya info pengumuman tersebut sebuah event yang diselenggarakan oleh Megawati Institute tentang "Sekolah Pemikiran Pendiri Bangsa III". Wuihhhh keren kan??? 
Kalau ditanya kenapa saya begitu tertarik mengikutinya. Sebenarnya sih sebagai jiwa pemuda yang turut terhadap nasib bangsa (nasionalisme_baca) apalagi mengenai kriteria untuk mengikuti event tersebut terdapat berbagai poin agar bisa terpilih sebagai kandidat Sekolah Pemikiran Pendiri Bangsa III diantaranya; a) membuat karya tulis maksimal 2 halaman mengenai salah satu idola tokoh bangsa dalam hal ide/pemikiran bangsa dan mengkaji ide tersebut dalam konteks kekinian, b) pas foto 4x6 (close up), c) CV dan berkas tersebut kemudian di apply ke email megawati.institute@gmail.com 

Pendaftaran yang praktis akan tetapi tetap membuat pribadi saya tetap antusias sekali. Karena dari berbagai tokoh bangsa dalam membuat karya tulisnya tersebut, ada satu tokoh yang saya suka banget. Siapa ya???? Kasih Tau nggak yaaa??? 

Oke deh, kasih tau aja deh yaa... Yup langsung aja, tokoh idola bangsa Indonesia yang saya kagumi ialah Tan Malaka. Ide-ide Tan Malaka mengenai sepak terjangnya di jaman dahulu dalam menumpas yang namanya antikolonialisme. Tidak hanya itu saja, poin penting kekaguman saya terhadap beliau yaitu, karena beliau seorang pedagog (pendidik). Sebelum beliau terjun dalam dunia politik, beliau merupakan seorang pedagog (pendidik). Banyak kisahnya yang tak kenal lelah dari sosoknya Tan Malaka melalui karyanya diantaranya; a) Gerpolek, b) Dari ke Penjara ke Penjara, c) Madilog, d) Aksi Massa dan sebagainya. Sungguh inspiratif dan takjub akan perjuangannya.

Well, pada tanggal 24 April 2013, pengumuman tak kunjung jua hingga jam12.00 WIB. Langsung saja, saya meng-sms-kan ke panitia mengenai info pengumumannya untuk segera di publish. Menunggu hingga berselang 10 menit lamanya, HP pun berbunyi nada sms masuk. Pesan balasan dari panitia SPPB III, "Siang... pengumuman insyaAllah baru sore ini di upload ke website krn kemarin msh tunggu persetujuan pimpinan. Utk yang lolos ke tahap wawancara InsyaAllah akan dilakukan Hari Senin dan selama minggu depan". Ok. Saya menunggu hingga sore. Setelah tiba gilirannya hingga memasuki ya sekitar jam17.00 WIB infonya masih juga belum dipublish...

Dan hari juga sudah memasuki malam, berdoalah saya ketika menjelang shalat Maghrib, semoga "saya bisa terpilih sebagai peserta SPPB III" amin. Puji syukur alhamdulillah, sekitar pukul 18:18:48 terdapat pesan masuk dari panitia SPBB III, "Sdh silahkan cek di http://themegawati-institute.org/index.php/artikel/index/20130425174933/Daftar-Peserta-Seleksi-Wawancara-SPPB-III-
Alhamdulillah setelah saya meng-klik-nya, tidak terduga dan bangga saya akhirnya terpilih sebagai peserta SPPB III dari UNJ. Terdapat satu rekan juga dari UNJ bernama Aan Yusfianto. Intinya, tulisan ini hanya sepenggalan kisah berbagai kepada yang membaca tulisan saya ini. Tidak lain tidak bukan hanya sebagai wujud saya "agent of change" dan turut aktif dalam kegiatan kepemudaan guna menambah kualitas softskill saya secara pribadi. 

Selanjutnya, nantikan kisah saya selanjutnya pada saat wawancara SPPB III. Doakan yah semoga lancar dan bisa lolos ke tahap berikutnya dan menjadi peserta tetap dalam forum SPPB III. Amin Ya Rabbal Alamain

***

0 Comments: