TARGET UTAMA DI TAHUN 2015


Tersisa 18 hari lagi di penghujung akhir tahun 2014 segera berakhir. REFLEKSI ya itulah yang saya renungkan pencapaian apa yang telah saya lakukan selama setahun ini. Refleksi dengan pendekatan SWOT, supaya saya lebih mengenali hakekat pribadi saya, dan berbagai hal yang menjadi kekuatan dan kelemahan saya. Dengan demikian, cerminan yang menggambarkan kepribadian saya, sebagai jalan meraih segala impian-impian saya.

Namun, tidak berarti selama setahun ini saya tidak memperoleh hasil. Melalui proses yang begitu panjang, tahap demi tahap saya pun menuai hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Baik peran saya sebagai ketua umum di Rumah Belajar Avicenna selama tiga tahun ke depan sejak tahun 2013 amanah itu saya emban. Berbagai lomba baik esai, LKTI, lomba bisnis, dan kontributor tulisan di berbagai media saya ikuti guna mengukur lebih jauh kemampuan menulis saya, aktif di organisasi yang masih saya laksanakan seperti Lontara Project dan Ilmu Berbagi Goes to School serta Indonesia Youth Educate Social se-Jabodetabek dan berbagai aktivitas lainnya yang begitu bermanfaat bagi saya.

Saya pun menyadari, dikarenakan selama ini fokus untuk pengembangan kepribadian saya bahkan fokus untuk menyelesaikan studi S1 saya di UNJ sedikit tertunda. Tapi, tidak ada kata “TERLAMBAT”, teringat sebuah ungkapan “MAN JADDA WA JADDA”, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Maka dari itu, fungsi refleksi menjadi penting bagi saya untuk melangkah selanjutnya, agar tidak jatuh ke dalam lubang yang sama. Pembelajaran kehidupan, saya istilahkan sebagai tantangan terbesar saya dan terus berdoa kepada-Nya agar selalu dimudahkan dan dilancarkan segala urusan saya. Amin

Lalu, persiapan memasuki tahun 2015 mendatang, saya pun juga telah menetapkan target yang harus dicapai. Amin Insya Allah J

Ada tiga target yang menjadi fokus utama saya di tahun 2015, berikut target-target impian saya tersebut :

  • 1.   

  •  LULUS S1 UNJ : sebagai target utama pertama saya. Pencapaian ini harus saya segera realisasikan, sebab saya ingin melihat wajah dan senyum dari orangtua saya akan rasa suatu kebahagiaan saya bisa segera lulus. Dan menjadi suatu kebanggaan di keluarga saya, karena Alhamdulillah saya masih diberikan amanah untuk bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi.


  • 2.  

  • STUDENT EXCHANGE : ini menjadi target utana yang kedua dikarenakan saya ingin menyelam dan menelusuri segala keindahan, keharmonisan akan suatu ciptaan Allah SWT. Dengan berkeliling dunia atau student exchange, saya ingin lagi merasakan kebersamaan dan menjalin persahabatan/kekerabatan dengan warga atau pemuda dari belahan negara lainnya. Saling bertukar gagasan/ide, memahami kebudayaan masing-masing negara dan sebagainya sungguh menjadi momen yang luar biasa.


  • 3.     

  • MENULIS BUKU : sebagai target utama yang ketiga, dikarenakan saya ingin mempunyai buku koleksi hasil karya pribadi saya yang bermanfaat bagi yang lain. Minimal tiga buku karya, Insya Allah karya yang harus saya hasilkan di tahun 2015. Alasan yang memotivasi saya tersebut, teringat suatu ungkapan dari Pramodya Ananta Toer, “Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi jika ia tidak menulis maka ia akan dilupakan oleh sejarah”.


***



0 Comments: