Minggu, 31 Mei 2015

KUE KLEPON AJIBB !!!

Hari ini cuaca begitu cerah sekali. Akan lebih baik memanfaatkan waktu ini dengan hal yang bermanfaat bukan? Hehe...

Oh iya, sudah memasuki di penghujung akhir bulan Mei 2015 juga yah. Waktu memang begitu cepat sekali, nah maka dari itu, untuk mengisi hari-hari menjadi sesuatu yang bermanfaat akan sangat baik sekali. By the way, apa saja sih yang kalian lakukan di waktu luang, khususnya weekend seperti ini? Tentunya banyak sekali bukan?

Apapun bentuk kegiatannya, saya yakin itu bisa membuat kalian menjadi lebih produktif. Artinya, memanfaatkan waktu sebaik dan sefektif mungkin. Bagi yang belum tahu apa yang ingin dilakukan di weekend atau waktu luang, tentukanlah sekarang juga ! hehe

Bukan maksudnya menggurui ya, tapi mengajak kepada kalian semua, yukk manfaatkan waktu luang dengan hal yang bermanfaat.. J

Kali ini saya bersyukur berkumpul dengan keluarga di rumah. Kemudian, saya diajak sama ibu saya untuk membuat kue klepon. Wah apa tuh kue keplon? Istilah familiarnya sih kue onde-onde gitu. Hehehe

Meskipun ibu saya juga bukan seorang pembuat kue yang profesional, tapi semangat dan rasa ingin tahu serta mempelajari hal-hal yang baru sangat diacungi jempol lohhhh ....

Membuat kue klepon bukan pertama kalinya ibu saya berpengalaman membikin kue, sebelumnya pun pernah beliau membuat kue serabi, pancake, bikin peuyem juga bisa, terus juga bisa kue-kue kecil seperti kue nastar, bolu dan lain sebagainya. Pengen saya banyak belajar dari beliau, ya bisa jadi dari situ muncul untuk semangat mendirikan usaha sendiri ya guys.. hehehe

Untuk membuat bahan kue klepon, bahan dasar sangat mudah lohh guys..

Bahan dasar membuat Kue Klepon:
1.      Tepung ketan
2.      Pasta rasa pandan (sesuai selera)
3.      Air secukupnya
4.      Gula merah

Langkah membuat kue klepon:
1.      Masukkan air panas secukupnya dalam wadah. Kisaran berada 10 – 15 derajat celcius.
2.      Aduk semua bahan menjadi satu, kecuali gula merah yang sudah diiris pisahkan secara terpisah terlebih dahulu.
3.      Setelah bahan tepung terigu dimasukan dalam wadah, masukan air secukupnya, kemudian masukan pasta rasa pandan tersebut secukupnya. Aduk hingga merata.
4.      Lalu, bahan yang sudah diaduk hingga merata tersebut, di bentuk secara pipih, kemudian, masukan gue merah ke dalamnya. Dan jadikan bentuk oval atau bulat.
5.      Setelah itu masukkan adonan yang sudah digulung ke dalam air yang sudah mendidih tersebut. Tunggu hingga 5 menit lamanya, jika adonan kue tersebut terlihat sudah matang terlihat dari teksturnya, lalu tiriskan.
6.      Terakhir adalah setelah adonan kue ditiriskan, dicampurkan dengan merata parutan kelapa yang sudah dihaluskan.

Dan ini akhir dari perjalanan membuat kue sederhana, “KUE KLEPON AJIBBB” :D




Posting Komentar