Pamflet dan Anak Muda

Mendapatkan sebuah kesempatan, terpilih sebagai presenter dalam menyajikan sebuah hasil kajian saya dalam sebuah forum Mata Muda. Suatu event yang diinisiasi oleh Pamflet. Terpilih enam presenter muda sebagai representatif seluruh Indonesia yang akan menyajikan sebuah karya baik hasil berupa penelitian, diskusi, maupun karya tulis ilmiah. Mereka diantaranya; Liska Rahayu (Yogyakarta), M Erfan Lutfi (Sleman), Muhamad Handar (Bekasi), Langityanto Tri Gezar (Depok), Ryan Fajar Febrianto (Bogor), Imam Ibadullah (Pekalongan), Diana Widyawanti (Palu).  Acara yang berlangsung dari tanggal 27-30 Juni 2013 di Komunitas Salihara dan Teras Kita.



Seputar Pamflet
Secara simplifikasi apa itu Pamflet, dapat disimak sebagai berikut, “Pamflet was established by a group of young people to support Indonesian youth movement and manage its knowledge. This organization focuses on research and study relevant to youth issue and capacity building for young people based on human rights framework. Pamflet is setting up centre of information and documentation for youth issue in Indonesian derived from various perspectives including social, political, cultural, economic, and environmental. From the organization point of view, youth is an independent and active agent who can expand their initiative to generate meaningful change within the society. Thus, Pamflet reinforces youth network consisting of youth based organizations and communities and encourages them to participate meaningfully within the social movement”.
Intinya, Pamflet dengan programnya Mata Muda menjadi suatu kegiatan positif dalam mengapresiasi generasi muda terutama yang sangat menyukai dunia menulis/penelitian, Bekerjasama dengan divisi anak muda Transparansi Internasional Indonesia, menjadikan Mata Muda suatu kegiatan yang berqualified. Mata Muda adalah pekan riset bertema anak muda dan isu-isu sosial budaya seperti Antikorupsi, Demokrasi dan HAM, Lingkungan Hidup, Pendidikan, Toleransi dan Keberagaman. Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi dan sebagainya. Mata Muda bertujuan untuk mendekatkan anak muda dengan kajian dan pengetahuan seputar anak muda dan gerakan sosial di Indonesia. Hakekatnya kegiatan ini menjadi pendorong bagi penggiat anak muda yang expert di bidang ilmiah. Dengan demikian, suatu apresiasi yang begitu luar biasa dan saya menunggu dari kegiatan Pamflet selanjutnya.

Video kegiatan Pamflet - Mata Muda: 





0 Comments: