NASI LENGKO KHAS CIREBON

Kenikmatan tiada tara berbuka puasa bersama keluarga (Orangtua, dan adik). Dan kenikmatan itu semakin menjadi tatkala menikmati hidangan masakan yang dibuat mamah sungguh begitu lezat dan nikmat. Sudah sekitar tiga hari berbuka puasa selama di bulan Ramadhan, kami disungguhi sebuah masakan yang menurut saya begitu sederhana namun menjadi ketagihan setelah memakannya. Awal melihat pun terlintas masakan tersebut sama saja seperti karedok. Ternyata bukan, dia makanan khas Cirebon tahun 1980an yaitu bernama Nasi Lengko.




Makanan tradisional ini dinamakan Nasi Lengko, secara jelasnya saya pun juga tidak terlalu mendapatkan informasi yang mendetail dari kedua orangtua saya, makanan tersebut menjadi hidangan sehari-hari sewaktu kedua orangtua saya dulu masih tinggal di Cirebon. Begitulah pernyataan kedua orangtua saya. Yang jelas bahan baku Lengko itu sendiri juga sangat mudah kalau dibuat. Hanya membutuhkan seperti; Taoge, Kecap, Sambal, Tahu, Tempe, Ketimun, dan Kacang Panjang. Dan nasi sebagai pelengkapnya, makanya dinamakan NASI LENGKO. Apalagi makanan tersebut sangat tambah nikmat bila dimakan bersama-sama. Maknyyuusssss dehhhhh pokokkkknnnyyyaaaaaa.....

***

0 Comments: