MARI BERGABUNG BERSAMA JALANPEMIMPIN.COM !




Menjadi pemimpin itu bukan soal kecerdasan, kharisma, komunikasi, tampilan, dan segala macam atribut yang biasa dilekatkan pada figur pemimpin. Pemimpin dan pemimpi bedanya di huruf N. Pemimpin pada dasarnya adalah pemimpi. Pemimpi yang mimpi-mimpinya dipercaya dan diikuti. Pemimpi yang mampu mengonversi mimpi jadi realita bisa disebut sebagai pemimpin.
-       Anies Baswedan -

Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, merekalah pemegang estafet kepemimpinan, mereka pulalah yang nanti menentukan masa depan negara Indonesia. Para pemuda memiliki potensi yang tinggi dengan semangat dan kreatifitas yang dimiliki. Di sisi lain, dengan jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas ialah pemuda merupakan suatu anugerah, namun sisi lain juga suatu tantangan dalam menyikapi.

Faktanya, menyandang status sebagai pemuda, bahkan lulusan dari perguruan tinggi, tidak serta merta memudahkan untuk memasuki dunia kerja. Data dari PBB menunjukkan bahwa 40% dari 200 juta jumlah pengangguran di dunia merupakan pemuda. Data yang sama dari International Labor Organizatation (ILO) menunjukkan bahwa 75 juta pemuda di dunia tidak memiliki pekerjaan. Sedangkan, di Indonesia, ILO menyatakan bahwa 50% dari jumlah pengangguran di Indonesia merupakan pengangguran yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas dan sederajat. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan jumlah pengangguran muda di Indonesia adalah no. 1 yang terbesar di Asia Pasifik yang selanjutnya diikuti oleh Sri Lanka di urutan ke-2 dan Filipina di urutan ke-3.[1]

Mengatasi hal tersebut tentu dengan bonus demografi di Indonesia yang mayoritas ialah pemuda harus diberdayakan dengan baik sehingga mampu membawa perubahan era Indonesia emas Insya Allah pada tahun 2045 mendatang. Berdasarkan UN Research Institute for Social Development mengungkapkan bahwa dengan melibatkan pemuda untuk membuat kebijakan yang berhubungan langsung dengan kehidupan pemuda dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan mengambil keputusan mereka. Ketika pemuda tidak diberikan ruang yang cukup untuk berkembang, hal ini dapat secara perlahan membunuh potensi mereka.

Oleh karena itu, dalam tulisan ini saya tidak akan membahas panjang lebar secara sintetis analitis, namun sebaliknya saya merekomendasikan salah satu sebuah event yang sangat luar biasa bagi kalian pemuda Indonesia baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Program tersebut ialah Jalan Pemimpin. Jalan pemimpin ialah sebuah inisiatif untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia melalui metode mentoring selama 1 tahun. Oiya, baca juga tulisan Kak Suzie Icus masih relevan banget dengan ‘Jalan Pemimpin’ baca artikelnya disini

***



[1] Modul Youth Educators Regional Training 2013

0 Comments: