RANAH ILMU DI MAN 1 KOTA BEKASI

Alhamdulillah masih diberikan amanah dan/atau kepercayaan untuk berbagi kepada adik-adik di ekskul Jurnalistik MAN 1 Kota Bekasi. Tasmania sebutan beken dari ekskul tersebut. Undangan untuk sharing seputar organisasi yang dilaksanakan Senin, 9 Juni 2014 dalam Pendidikan Pelatihan dan Gabungan Tingkat B (DIKLAT B) jam 10.00 - 11.00 wib.

Surat undangan - Tasmania, Jurnalistik MAN 1 Kota Bekasi (9 Juni 2014)

Sejauh ini, saya sebagai alumni pun dari sekolah tersebut dahulu pada angkatan saya belum mengenal apa itu Tasmania atau ekskul yang bergelut di bidang Jurnalistik. Mayoritas yang lazim seperti Pramuka, Paskibra, Petala dan sebagainya. Tapi sungguh luar biasa perkembangan bagi Tasmania maupun yang lainnya. (Kereeennn bangett)

Antusiasme para peserta yang tergabung di dalamnya sungguh luar biasa dan hebat, terlihat dari tekad yang membara dan semangat yang tak kenal padam. Di sesi materi Organisasi, saya tidak memberikan secara detail A-Z, dikarenakan pula waktu yang diberikan hanya 60 menit, maka harus mencari trik nan asyik agar memahami materi yang disampaikan secara baik dan berkesan. Ada solusinya, yakni metode atau pendekatan.


Berbekal dari pengalaman mengikuti berbagai konferensi baik pendidikan dan/atau bidang lainnya, karena pas sesuai materi yang diberikan. Saya menggunakan metode “Perspective and Thinking: Six Thinking Hat” Suatu metode yang begitu popular oleh Edward De Bono, menurut saya sangat begitu relevan dalam suatu organisasi terkait perbedaan pendapat dan sebagainya, karena setiap insan memiliki kekhasan yang unik dan kreatif. Mengenai penjelasan labih jauh mengenai Six Thinking Hat bisa dibaca disini.

Dengan demikian, semoga apa yang telah saya berikan dapat bermanfaat bagi para peserta dan panitia sekalian. Ada pepatah mengatakan “Ilmu akan bermanfaat jika saling dibagikan atau sharing kepada sesama daripada hanya dipendam memori belaka”. Saran saya kepada adik-adik sekalian, jangan cepat puas diri, keluarlah dari zona nyaman, lakukan terobosan sesuai dengan daya kreasi dan inovasi kalian yang terbaik dan berkontribusi bagi bangsa. MAN JADDA WA JADDA !!!





0 Comments: